Lingkungan pemasaran
berubah dengan kecepatan
yang semakin meningkat, sehingga
dibutuhkan informasi pasar seketika yang lebih besar dari pada diwaktu lalu. Terjadi pergeseran yang hebat sekali: dari
pemasaran lokal ke nasional dan akhirnya
ke global, dari kebutuhan pembeli ke keinginan pembeli, dari persaingan harga ke persaingan non - harga. Karena perusahaan
memperluas liputan pasar geografis mereka, para manajer membutuhkan
lebih banyak informasi secara lebih cepat.
Besarnya peningkatan kebutuhan informasi itu telah
mendorong munculnya teknologi informasi baru yang mengesankan : komputer, televisi
kabel, mesin fotocopy, mesin faks,
scanner, audio dan video recorder, video disc player, CD - ROM, camcorders, ponsel, dan yang paling mengagumkan adalah
internet.
Meskipun demikian, masih banyak perusahaan yang tidak
mempunyai kecanggihan informasi. Banyak yang tidak mempunyai departemen riset
pemasaran. Banyak juga perusahaan yang mempunyai departemen riset
yang kecil yang tugasnya terbatas pada
penyusunan prakiraan rutin, analisis penjualan, dan survei untuk
kejadian tertentu. Selain itu, banyak manager yang mengeluh karena tidak
tahu di mana informasi penting
yang menentukan keberhasilan dapat di peroleh diperoleh diperusahaan itu
; memperoleh terlalu banyak informasi yang tidak dapat digunakan dan terlalu sedikit informasi yang sungguh -
sungguh mereka butuhkan ; terlalu lambat
memperoleh informasi yang penting ; dan meragukan akurasi informasi yang mereka
terima. Di masyarakat
yang mengandalkan informasi
seperti saat ini, perusahaan yang memiliki informasi yang
lebih unggul akan menikmati keunggulan bersaing.
Perusahaan dapat memilih pasar dengan lebih baik, dan melaksanakan rencana pemasaran dengan lebih baik.
Ukuran Permintaan Pasar
Perusahaan-perusahaan
dapat mempersiapkan sebanyak beberapa jenis estimasi permintaan yang
berbeda. Permintaan dapat diukur
untuk level produk yang berbeda, level ruang yang berbeda, dan level waktu yang berbeda. Masing – masing
ukuran permintaan memenuhi tujuan tertentu, Perusahaan mungkin memperkirakan permintaan jangka pendek produk tertentu dengan tujuan untuk pemesanan bahan mentah, perencanaan produksi, dan peminjaman uang tunai. Perusahaan itu
mungkin pula
memperkirakan permintaan regional bagi lini produk utama untuk
memutuskan apakah akan memulai melaksanakan distribusi regional.
Sumber : http://devisimpuru.blogspot.com/2011/09/mengumpulkan-info-dan-mengukur.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar