Jam

Rabu, 03 Oktober 2012

Mengukur Permintaan Pasar


Lingkungan  pemasaran  berubah  dengan  kecepatan  yang  semakin  meningkat, sehingga dibutuhkan informasi pasar seketika yang lebih besar dari pada diwaktu lalu. Terjadi pergeseran yang hebat sekali: dari pemasaran lokal ke nasional dan akhirnya ke global, dari kebutuhan pembeli ke keinginan pembeli, dari persaingan harga ke persaingan non - harga. Karena perusahaan memperluas liputan pasar geografis mereka, para manajer membutuhkan lebih banyak informasi secara lebih cepat.
Besarnya peningkatan kebutuhan informasi itu telah mendorong munculnya teknologi informasi baru yang mengesankan : komputer, televisi kabel, mesin fotocopy, mesin faks, scanner, audio dan video recorder, video disc player, CD - ROM, camcorders, ponsel, dan yang paling mengagumkan adalah internet.
Meskipun demikian, masih banyak perusahaan yang tidak mempunyai kecanggihan informasi. Banyak yang tidak mempunyai departemen riset pemasaran. Banyak juga perusahaan yang mempunyai departemen riset yang kecil yang tugasnya terbatas pada penyusunan prakiraan rutin, analisis penjualan, dan survei untuk kejadian tertentu. Selain itu, banyak manager yang mengeluh karena tidak tahu di mana informasi penting yang menentukan keberhasilan dapat di peroleh diperoleh diperusahaan itu ; memperoleh terlalu banyak informasi yang tidak dapat digunakan dan terlalu sedikit informasi yang sungguh - sungguh mereka butuhkan ; terlalu lambat memperoleh informasi yang penting ; dan meragukan akurasi informasi yang mereka terima.  Di  masyarakat  yang  mengandalkan  informasi  seperti  saat  ini, perusahaan yang memiliki informasi yang lebih unggul akan menikmati keunggulan bersaing. Perusahaan dapat memilih pasar dengan lebih baik, dan melaksanakan rencana pemasaran dengan lebih baik.


Ukuran Permintaan Pasar
Perusahaan-perusahaan dapat mempersiapkan sebanyak beberapa jenis estimasi permintaan  yang  berbeda. Permintaan  dapat  diukur  untuk  level  produk yang berbeda, level ruang yang berbeda, dan level waktu yang berbeda. Masing – masing ukuran permintaan memenuhi tujuan tertentu, Perusahaan mungkin memperkirakan permintaan jangka pendek produk tertentu dengan tujuan untuk pemesanan bahan mentah, perencanaan produksi, dan peminjaman uang tunai. Perusahaan itu mungkin pula memperkirakan permintaan regional bagi lini produk utama untuk memutuskan apakah akan memulai melaksanakan distribusi regional.


Sumber : http://devisimpuru.blogspot.com/2011/09/mengumpulkan-info-dan-mengukur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar