Ramalan penjualan
berarti ramalan penjualan dari produk tertentu, perusahaan tertentu, cabang
perusahaan tertentu, pada waktu tertentu dari daerah penjualan tertentu.
Misalnya ramalan penjualan rinso oleh Unilever pada tahun 1993, ramalan
penjualan mobil Toyota pada tahun 1993 dan sebagainya.
Ramalan penjualan merupakan suatu faktor yang harus diperhatikan didalam perencanaan perusahaan. Hal-hal lainnya seperti jadwal produksi, pengeluaran untuk biaya advertensi, pengeluaran-pengeluaran lainnya tergantung kepada hasil ramalan penjualan. Ada beberapa cara untuk membuat ramalan yaitu:
Ramalan penjualan merupakan suatu faktor yang harus diperhatikan didalam perencanaan perusahaan. Hal-hal lainnya seperti jadwal produksi, pengeluaran untuk biaya advertensi, pengeluaran-pengeluaran lainnya tergantung kepada hasil ramalan penjualan. Ada beberapa cara untuk membuat ramalan yaitu:
- Meramalkan penjualan berdasarkan pendapatan para eksekutif
Dengan cara ini
masing-masing anggota eksekutif membuat ramalan penjualan secara independent
yaitu bebas satu sama lain untuk periode yang akan datang, misal untuk tahun
depan. Ramalan yang mereka buat bukan saja berdasarkan pendapat akan tetapi
berdasarkan data yang sudah dipertimbangkan masak-masak. Cara meramal penjualan
dengan cara ini mempunyai kebaikan dan kelemahan, kebaikannya adalah bahwa cara
itu mudah sekali tanpa mempergunakan metode analisa kualitatif, akan tetapi
kelemahannya ialah bahwa cara tersebut sering selalu subyektif sifatnya, jadi
tidak obyektif sesuai dengan keadaan yang ada.
- Meramalkan dengan menggunakan beberapa tenaga penjual.
Dengan cara ini
orang-orang yang langsung melakukan penjualan seperti para agen dan salesmen dimana
masing-masing mereka diharuskan membuat ramalan tentang hasil penjualan untuk
tahun yang akan datang menurut jenis barang produksi, daerah geografis dan
menurut besar kecilnya pendapatan para pembeli. Nilai ramalan dari mereka
kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan ramalan penjualan seluruh penjualan.
Kebaikan dari metode ini ialah biasa menanamkan perasaan bahwa mereka milik
dari perusahaan dimana dia bekerja dan memperoleh nafkah, oleh karena mereka
diikut sertakan didalam menentukan nilai ramalan yang menunjukan kemampuan
mereka didalam menjual barang ditahun yang akan datang. Kebaikan lainnya, bahwa
ramalan penjualan dibuat oleh mereka yang langsung melakukan penjualan sehingga
mengetahui kesukaran-kesukaran serta kondisi-kondisi lokal dimana mereka
beroperasi, hal mana tidak akan dialami oleh anggota staf pimpinan yang
biasanya bekerja dibelakang meja
- Meramalkan dengan metode statistic
Sumber : http://yanazmi.blogspot.com/2009/05/peramalan-dalam-merebut-peluang-pasar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar